Gunadarma

Senin, 17 Maret 2014

Contoh Jurnal Cloud Computing

Menuju Pembangunan Pertanian Berkelanjutan Melalui Cloud Computing

Eko Setia Pinardi,  STEI ITB
Puslitbang Tanaman Pangan – Badan Litbang Pertanian


Abstrak

Pertanian berkelanjutan merupakan tujuan strategis idaman pembangunan pertanian seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pesatnya kemajuan IPTEK termasuk kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) hingga hadirnya teknologi Cloud computing atau komputasi awan akan sangat membantu tercapainya tujuan di atas. Pembangunan pertanian berkelanjutan dalam era globalisasi ini meningkatkan ketahanan pangan, ketahanan ekonomi, politik, sosial dan budaya.

TIK berperan dalam mendukung tersedianya informasi pertanian yang relevan dan tepat waktu. Informasi hasil-hasil penelitian dan inovasi teknologi di bidang pertanian membantu upaya peningkatan produksi komoditas pertanian, sehingga tercapai pembangunan pertanian yang diharapkan. Informasi dan pengetahuan tentang pertanian akan menjadi pemicu dalam menciptakan peluang untuk pembangunan pertanian dan ekonomi sehingga terjadi pengurangan kemiskinan. TIK dalam sektor pertanian yang tepat waktu dan relevan memberikan informasi yang tepat guna kepada petani untuk pengambilan keputusan dalam berusahatani, sehingga efektif meningkatkan produktivitas, produksi dan keuntungan.

Tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang konsep pemanfaatan cloud computing untuk mendukung pembangunan pertanian berkelanjutan, melalui virtualisasi, standarisasi dan fitur mendasar dari cloud computing. Cara ini dapat mengurangi biaya Teknologi Informasi (TI), menyederhanakan pengelolaan layanan TI, dan mempercepat penghantaran layanan informasi dan pengetahuan pertanian kepada penggunanya.

Keywords: cloud computing, teknologi informasi dan komunikasi.

Untuk isi lengkapnya. Silahkan klik link dibawah ini.
DOWNLOAD FILE

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar