Gunadarma

Minggu, 07 Oktober 2012

Pengembangan Sistem Tagihan Warung Internet


Di era modern seperti sekarang ini, kebutuhan akan informasi adalah hal yang wajib dipenuhi oleh setiap manusia. Berbagai informasi dapat diperoleh dengan mudah, kapan saja, dan dimana saja. Tidak perlu menunggu terbit surat kabar keesokan harinya. Hal itu tentunya dipengaruhi dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, internet adalah bukti nyata dari kemajuan tersebut.
Internet dapat diakses oleh siapa pun tanpa mengenal batas usia, gender, suku, ras, agama dan lain-lain. Namun untuk akses internet tentunya kita membutuhkan sebuah alat yang terhubung dengan jaringan internet. Namun, tidak semua orang memiliki alat dan jaringan tersebut, melihat situasi yang seperti itu, banyak orang yang membangun dan membuat jasa warung internet.
Melihat kondisi diatas, saya yang berprofesi sebagai mahasiswa jurusan teknik informatika tentunya memiliki peran dengan perihal tersebut. Di setiap warnet tentunya harus ada komputer server yang memiliki daftar tagihan pemakaian internet di setiap komputer client nya, daftar tagihan tentunya berbentuk program, jika tidak terkomputerisasi tentunya akan merepotkan.
Untuk itu, agar tidak merepotkan dan lebih efisien waktu. Saya mencoba untuk mengembangan kan sistem billing atau tagihan warnet sederhana. Dengan program VB dengan akses ke database sudah bisa untuk membuat program tersebut. Memang tidak sepenuhnya saya yang membuat, saya bekerja dengan salah satu teman saya. Saya membuat tampilan dan isi dari program tersebut, dan teman saya yang menghubungkannya ke database.
Pembuatan billing warnet ini juga termasuk dalam pengembangan sistem informasi, karena program tersebut memenuhi semua karakteristik sistem, mulai dari komponen terkecil, sampai tujuan nya secara umum. sistem informasi ini tentunya akan memudahkan penggunanya untuk mencapai hasil yang lebih maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar