Gunadarma

Minggu, 25 September 2011

Konsep Dasar New Media

Definisi New Media
New media atau media baru adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh antara lain  Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas. Banyak orang yang beranggapan  new media itu komputer,padahal belum tentu komputer adalah new media karena itu membatasi definisi “new media” itu sendiri, karena komputer hanya sebuah mesin, tidak bisa menjadi pengukur media itu adalah new media atau bukan.  Sampai saat ini belum ada definisi mutlak dari new media, karena seiring dengan perkembangan zaman, media informasi akan bertambah pesat.


Pandangan New Media
Penggunaan new media di zaman sekarang ini sangatlah dibutuhkan. Dari berbagai macam profesi dan kalangan, new media sangat berperan dalam menyampaikan informasi secara cepat. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa suatu hal yang positif pasti memiliki sisi negatifnya juga.


Manfaat New Media

  • Penyampaian informasi lebih cepat dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja
  • Dapat berfungsi juga sebagai media untuk berjualan, sebagai contoh di facebook sekarang ini sudah banyak orang orang yang memanfaatkannya untuk membuka toko online atau yang lebih kita sering dengar sebagaionline shop.
  • Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring sosial, streaming video, dll.
  • Sebagai media komunikasi yang sangat mudah dan efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan sanak saudara yang jauh tanpa harus bertatap muka langsung karena akan memakan biaya yang cukup banyak tentunya. Tetapi dengan video conference biaya tersebut bisa lebih diminimalisir.
Komponen New Media
Komponen dari new media yaitu : Hanphone, Internet, dan Komputer.



Aplikasi New Media
aplikasi new media sendiri sudah hampir tak terhitung banyaknya, tapi terdapat nama - nama yang sangat populer seperti facebook, twitter, myspace, youtube yang merupakan aplikasi media baru dalam bentuk media sosial. lain dari pada itu yang dapat disebut new media antara lain, aplikasi e-book, e-commerce, e-banking.

Jadi dengan munculnya era new media, memberikan kemudahan bagi seseorang untuk dapat memberitahukan informasi serta mendapatkan informasi tanpa batasan ruang dan waktu dalam lingkup yang sangat luas tanpa jarak ( dunia ). Hal ini laha yang menyebabkan new media sangat digemari oleh penggunanya.


referensi :
1)
2)
3)
4)
5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar